Tuesday, June 20, 2023

KBMN_29_HARI 1_MENULIS SETIAP HARI





Judul : MENULIS SETIAP HARI

Resume ke : 1

Gelombang ke : 29

Tanggal : 19 Juni 2023

Tema : Tips Menulis Setiap Hari

Nara Sumber : Dr. Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd

Moderator : Raliyanti


Alhamdulillah hari ini, Senin 19 Juni 2023 bisa juga mengikuti kegiatan pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh KBMN_29. Kegiatan hari pertama ini membahas tentang Menulis Setiap hari dengan nara sumber Dr. Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd atau lebih biasa disapa dengan panggilan ‘Omjay’ dengan moderator ibu Raliyanti. Walaupun aktivitas hari ini dilakukan secara online melalui WAG yang dimulai pada pukul 19:00 WIB namun terasa sekali kehebohan belajar para peserta.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh ibu Raliyanti, kemudian diisi dengan paparan oleh Omjay dan dilanjutkan dengan tanya jawab sampai dengan pukul 20;45 dan diakhiri dengan closing statement oleh Omjay hingga pukul 21:00. Sungguh 2 jam yang sarat ilmu.

Omjay merupakan founder Kelas Belajar Menulis Nusantara yang sekarang sudah mencapai gelombang ke-29 dan melalui slogannya yang selalu digaungkan yaitu "Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi", Omjay sudah menikmati pencapaiannya.

Menurut Omjay, “membaca dan menulis adalah suatu kebutuhan". Sama halnya dengan makan dan minum. Menulis adalah kemahiran berbahasa yang keempat. Yang pertama yaitu mendengar, kedua berbicara, dan yang ketiga membaca. Karena itu kita perlu menulis setiap hari. Bahkan bila kita tidak punya ide sekalipun, kita tetap bisa menulis dengan memanfaatkan apa yang dapat kita lihat di sekitar kita.

Bila kita kehilangan ide untuk menulis, kita bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar kita. Semisal di depan kita ada tetikus, kita bisa menuliskan tentang tetikus yang biasa kita gunakan saat bekerja dengan PC ataupun laptop. Bila kita melihat air putih, kita bisa menuliskan tentang air putih yang bila kita minum dapat menghilangkan dahaga kita.

Ternyata, Omjay memiliki buku yang menginspirasi beliau untuk menulis setiap hari, yaitu buku karya SIM Chung Wei yang berjudul “Menulis itu Menyenangkan”. Bahkan menurut Omjay, "jangan menjadi seorang penulis bila anda tak suka membaca karya tulis orang lain. Karena menulis itu menyenangkan dan mengasyikkan".



Yang tak kalah menarik dari aktivitas hari ini adalah ternyata Omjay menulis tidak hanya di satu blog tetapi Omjay menulis di beberapa blog, baik menulis secara pribadi maupun secara keroyokan dan hal tersebut membutuhkan komitmen dan pengaturan waktu yang tidak mudah. Karena itu Omjay selalu mendahulukan prioritas dan konsisten untuk menulis setiap harinya. Bahkan bila satu hari dilalui tanpa menulis, Omjay akan merasa ada sesuatu yang kurang. Tidak heran, karena itu Omjay berhasil mendapatkan pencapaian luar biasa dari seorang guru blogger Indonesia yang dapat di lihat di laman berikut ini :

https://www.melintas.id/literasi/341179534/20-prestasi-ilmiah-guru-blogger-indonesia-dr-wijaya-kusumah-mpd-atau-yang-lebih-dikenal-dengan-omjay


Omjay menulis diawali dengan menulis di dua blog gratisan hingga menulis pada blog profesional dengan membayar iuran pertahun sebesar Rp. 800.000. Intinya adalah, menulis setiap hari, dimulai dari hal yang sederhana sehingga pada akhirnya akan terampil menulis dengan sendirinya.

Ini adalah dua blog Omjay yang menurut Omjay sederhana dan gratisan. Tapi karena Omjay konsisten menulis di blog tersebut sejak 14 tahun lalu, maka sekarang Omjay dapat menikmati pencapaian yang diawali dari menulis di blog.






Ada kurang lebih dua puluh lima pertanyaan malam ini tentang menulis yang diajukan peserta dan semua pertanyaan tersebut dijawab oleh Omjay dengan sangat menyenangkan dan suportif sehingga para peserta semakin “terbakar” untuk rajin menulis.

Kapan waktu yang tepat untuk menulis? “Sekarang”. Ya sekarang adalah waktu yang tepat untuk menulis. Dimulai saja dahulu dan konsisten untuk menulis, pada akhirnya akan terampil juga menulis bila diimbangi dengan banyak membaca dan blog walking.

Closing statemen dari Omjay malam ini adalah:


  • Menulis setiap hari harus kita mulai dengan penuh percaya diri.
  • Menulis setiap hari memang harus dipaksakan dan lawan diri anda sendiri dari kemalasan.
  • Setiap orang bisa menulis dan untuk menulis yang baik perlu banyak berlatih menulis dan berguru kepada pakarnya.
  • Ingat selalu mantera Omjay “MENULISLAH SETIAP HARI DAN BUKTIKAN APA YANG TERJADI".

Terima kasih banyak untuk 2 Jam pembelajaran yang sangat menginspirasi malam ini Omjay. Semoga Omjay tetap sehat, sehingga bisa terus menginspirasi kami untuk bisa menulis dengan baik dan konsisten.


1 comment: