Memasuki
minggu ke 5 Pembelajaran Jarak Jauh, kami akhirnya sepakat untuk
berkolaborasi, setelah 2 minggu sebelumnya secara intens mencoba mencari cara
agar PJJ yang kami lakukan menjadi lebih bermakna dan berdampak positive bagi Peserta
Didik kami. Tidak mudah ternyata untuk menyatukan mapel Biologi dan PKWU namun
kami berupaya agar ke dua mapel tersebut dapat saling menunjang pembelajaran.
Materi ini diberikan bagi kelas X dan XI. Berikut rincian materi dan jadwal
pertemuan:
PERTEMUAN 1
Memilah wadah
limbah RT untuk dijadikan tempat menanam
Pada pertemuan ini Peserta Didik kelas X dan XI
ditugaskan untuk :
1. Memilah 5
barang bekas pakai yang ada di rumah untuk dijadikan wadah tempat menanam.
Contoh: kemasan botol minum, kaleng susu, kardus susu, kemasan minyak, kemasan
kue, dan lain-lain.
2. Peserta Didik
menghias 1 wadah tempat tanaman agar bernilai jual dan memiliki nilai seni.
3. Mendokumentasikan
dengan menggunakan stamp camera :
a. 5 barang bekas yang akan digunakan untuk menanam
b. Proses menghias wadah tanaman
c. Hasil jadi 1 wadah tempat tanaman bernilai jual dan
memiliki nilai seni
4. Memasukkan
foto ke dalam format tabel laporan yang telah disediakan.
5. Menyimpan
file laporan dalam format: Kode kelas-1920.No absen-Nama-Ketahanan
Pangan dan Budidaya Tanaman
PERTEMUAN 2
Memilih 5
bibit tanaman dan mulai menanam serta melakukan perawatan
Pada pertemuan ini Peserta Didik kelas X dan XI
ditugaskan untuk :
1. Memilih 5
bibit tanaman yang diperoleh dari dapur.
2. Mulai
menyemai atau menanam.
3. Mendokumentasikan
a. 5 bibit/ benih tanaman beserta keterangan nama
bibit/benih
b. 5 bibit/benih yang sudah ditanam pada tempat tanam
beserta keterangan nama bibit/benih pada tempat tanam
c. Proses perawatan tanaman
4. Memasukkan
foto ke dalam format tabel laporan yang telah disediakan.
5. Menyimpan
file laporan dalam format: Kode kelas-1920.No absen-Nama-Ketahanan
Pangan dan Budidaya Tanaman
6. Pada
pertemuan ini, tugas di pertemuan 1 dan 2 dikumpulkan melalui google classroom.
7. Peserta Didik
mendokumentasikan dan menuliskan progres tanaman mereka dalam tabel laporan
setiap minggu untuk tanaman dengan masa panen lebih dari 2 minggu. Untuk
tanaman dengan masa panen kurang dari dua minggu, dokumentasi dilakukan setiap
2 hari sekali, (tabel dikumpul minggu kedua atau ketiga bulan mei).
PERTEMUAN 3
Menulis
artikel 3 macam tanaman
Konten
penulisan untuk kelas X mengenai klasifikasi, manfaat, dan cara
reproduksi/perbanyakan tanaman. Sedangkan untuk kelas XI berisi: manfaat, nilai
gizi dari tanaman, dan produk kuliner yang dapat dibuat dengan menggunakan
tanaman tersebut.
Pada pertemuan ini Peserta Didik kelas X dan XI
ditugaskan untuk :
1. Menuliskan artikel 3 macam tanaman yang dipilih
dari tanaman yang sudah ditanam pada pertemuan 2 sesuai konten.
2. Menyimpan file laporan dalam format: Kode
kelas-1920.No absen-Nama-Artikel Ketahanan Pangan dan Budidaya Tanaman.
3. Mengunggah artikel bersamaan dengan tugas pada
pertemuan ke 4.
4. Melanjutkan pendokumentasian dan penuliskan progres
tanaman mereka dalam tabel laporan yang dilakukan setiap minggu untuk tanaman
dengan masa panen lebih dari 2 minggu. Untuk tanaman dengan masa panen kurang
dari dua minggu, dokumentasi dilakukan setiap 2 hari sekali, (tabel dikumpul
minggu kedua atau ketiga bulan mei).
PERTEMUAN 4
Melanjutkan
tulisan 2 macam tanaman yang dipilih.
Konten masih
sama, yaitu topik penulisan untuk kelas X mengenai klasifikasi, manfaat, dan
cara reproduksi/perbanyakan tanaman. Sedangkan untuk kelas XI berisi: manfaat,
nilai gizi dari tanaman, dan produk kuliner yang dapat dibuat dengan
menggunakan tanaman tersebut.
Pada pertemuan ini Peserta Didik kelas X dan XI
ditugaskan untuk :
1. Menuliskan artikel 2 macam tanaman yang dipilih
dari tanaman yang sudah ditanam pada pertemuan 2 sesuai konten.
2. Menyimpan file laporan dalam format: Kode
kelas-1920.No absen-Nama-Artikel Ketahanan Pangan dan Budidaya Tanaman.
3. Mengunggah tugas pada pertemuan 3 dan 4 bersamaan melalui
google classroom.
4. Melanjutkan pendokumentasian dan penuliskan progres
tanaman mereka dalam tabel laporan yang dilakukan setiap minggu untuk tanaman
dengan masa panen lebih dari 2 minggu. Untuk tanaman dengan masa panen kurang
dari dua minggu, dokumentasi dilakukan setiap 2 hari sekali, (tabel dikumpul
minggu kedua atau ketiga bulan mei).
PERTEMUAN 5
Membuat laporan di Podcast
Pada pertemuan ini Peserta Didik kelas X dan XI
ditugaskan untuk :
1. Membuat
laporan tanaman dalam format podcast
Laporan
berisi: kemajuan tanaman, menjelaskan tanaman yang gagal dan berhasil. Apa
solusi yang mereka lakukan menghadapi gagal panen dan pendapat mereka mengenai
kegiatan bertanam.
2. Format file
suara disimpan dengan nama file: Kode kelas-1920.No absen-Nama-Podcast Ketahanan Pangan dan Budidaya Tanaman
3. Tugas
dikumpul pada pertemuan ke-6.
PERTEMUAN 6
Membuat laporan dalam bentuk Video
Pada pertemuan
ini Peserta Didik kelas X dan XI ditugaskan untuk :
1. Membuat laporan hasil tanaman mereka melalui
rekaman video. Menceritakan kemajuan tanaman, berapa bibit tanaman yang
berhasil ditanam dan berapa yang mengalami gagal tanam serta solusi yang telah
mereka lakukan pada tanaman yang gagal pada pertemuan sebelumnya.
2. Format file video disimpan dengan nama file: Kode
kelas-1920.No absen-Nama-Video Ketahanan Pangan dan Budidaya Tanaman
3. Tugas dikumpul pada pertemuan ke-7.
PERTEMUAN 7
Panen
Pada pertemuan
ini Peserta Didik kelas X dan XI ditugaskan untuk :
1. Memanen hasil tanaman
2. Mengolahnya menjadi produk kuliner yang dapat
dinikmati bersama keluarga.
3. Membuat video pada saat memanen dan mengolah produk
budidaya tanaman yang telah mereka lakukan serta mendokumentasikan proses
pengolahan makanannya.
4. Membuat herbarium 1 jenis tanaman
Catatan :
Untuk tanaman
dengan masa panen kurang dari 2 minggu, maka prosedur pada pertemuan 7
dilakukan pada masa panen tenaman tersebut dilakukan.
Kerreen deh PJJ nya ...Mantab
ReplyDelete