Thursday, April 30, 2020

PJJ Projek #5


Memasuki minggu ke 5 Pembelajaran Jarak Jauh, kami akhirnya sepakat untuk berkolaborasi, setelah 2 minggu sebelumnya secara intens mencoba mencari cara agar PJJ yang kami lakukan menjadi lebih bermakna dan berdampak positive bagi Peserta Didik kami. Tidak mudah ternyata untuk menyatukan mapel Biologi dan PKWU namun kami berupaya agar ke dua mapel tersebut dapat saling menunjang pembelajaran. Materi ini diberikan bagi kelas X dan XI. Berikut rincian materi dan jadwal pertemuan:

PERTEMUAN 1
Memilah wadah limbah RT untuk dijadikan tempat menanam

Pada pertemuan ini Peserta Didik kelas X dan XI ditugaskan untuk :
1.   Memilah 5 barang bekas pakai yang ada di rumah untuk dijadikan wadah tempat menanam. Contoh: kemasan botol minum, kaleng susu, kardus susu, kemasan minyak, kemasan kue, dan lain-lain.
2.   Peserta Didik menghias 1 wadah tempat tanaman agar bernilai jual dan memiliki nilai seni.
3.   Mendokumentasikan dengan menggunakan stamp camera :
        a.         5 barang bekas  yang akan digunakan untuk menanam
        b.         Proses menghias wadah tanaman
        c.         Hasil jadi 1 wadah tempat tanaman bernilai jual dan memiliki nilai seni
4.   Memasukkan foto ke dalam format tabel laporan yang telah disediakan.
5.   Menyimpan file laporan dalam format: Kode kelas-1920.No absen-Nama-Ketahanan Pangan dan Budidaya Tanaman

PERTEMUAN 2
Memilih 5 bibit tanaman dan mulai menanam serta melakukan perawatan

Pada pertemuan ini Peserta Didik kelas X dan XI ditugaskan untuk :
1.    Memilih 5 bibit tanaman yang diperoleh dari dapur.
2.    Mulai menyemai atau menanam.
3.    Mendokumentasikan
a.      5 bibit/ benih tanaman beserta keterangan nama bibit/benih
b.      5 bibit/benih yang sudah ditanam pada tempat tanam beserta keterangan nama bibit/benih pada tempat tanam
c.       Proses perawatan tanaman
4.    Memasukkan foto ke dalam format tabel laporan yang telah disediakan.
5.    Menyimpan file laporan dalam format: Kode kelas-1920.No absen-Nama-Ketahanan Pangan dan Budidaya Tanaman
6.    Pada pertemuan ini, tugas di pertemuan 1 dan 2 dikumpulkan melalui google classroom.
7.    Peserta Didik mendokumentasikan dan menuliskan progres tanaman mereka dalam tabel laporan setiap minggu untuk tanaman dengan masa panen lebih dari 2 minggu. Untuk tanaman dengan masa panen kurang dari dua minggu, dokumentasi dilakukan setiap 2 hari sekali, (tabel dikumpul minggu kedua atau ketiga bulan mei).

PERTEMUAN 3
Menulis artikel 3 macam tanaman
Konten penulisan untuk kelas X mengenai klasifikasi, manfaat, dan cara reproduksi/perbanyakan tanaman. Sedangkan untuk kelas XI berisi: manfaat, nilai gizi dari tanaman, dan produk kuliner yang dapat dibuat dengan menggunakan tanaman tersebut.

Pada pertemuan ini Peserta Didik kelas X dan XI ditugaskan untuk :

1.   Menuliskan artikel 3 macam tanaman yang dipilih dari tanaman yang sudah ditanam pada pertemuan 2 sesuai konten.
2.   Menyimpan file laporan dalam format: Kode kelas-1920.No absen-Nama-Artikel Ketahanan Pangan dan Budidaya Tanaman.
3.   Mengunggah artikel bersamaan dengan tugas pada pertemuan ke 4.
4.   Melanjutkan pendokumentasian dan penuliskan progres tanaman mereka dalam tabel laporan yang dilakukan setiap minggu untuk tanaman dengan masa panen lebih dari 2 minggu. Untuk tanaman dengan masa panen kurang dari dua minggu, dokumentasi dilakukan setiap 2 hari sekali, (tabel dikumpul minggu kedua atau ketiga bulan mei).


PERTEMUAN 4
Melanjutkan tulisan 2 macam tanaman yang dipilih.

Konten masih sama, yaitu topik penulisan untuk kelas X mengenai klasifikasi, manfaat, dan cara reproduksi/perbanyakan tanaman. Sedangkan untuk kelas XI berisi: manfaat, nilai gizi dari tanaman, dan produk kuliner yang dapat dibuat dengan menggunakan tanaman tersebut.

Pada pertemuan ini Peserta Didik kelas X dan XI ditugaskan untuk :

1.   Menuliskan artikel 2 macam tanaman yang dipilih dari tanaman yang sudah ditanam pada pertemuan 2 sesuai konten.
2.   Menyimpan file laporan dalam format: Kode kelas-1920.No absen-Nama-Artikel Ketahanan Pangan dan Budidaya Tanaman.
3.   Mengunggah tugas pada pertemuan 3 dan 4 bersamaan melalui google classroom.
4.   Melanjutkan pendokumentasian dan penuliskan progres tanaman mereka dalam tabel laporan yang dilakukan setiap minggu untuk tanaman dengan masa panen lebih dari 2 minggu. Untuk tanaman dengan masa panen kurang dari dua minggu, dokumentasi dilakukan setiap 2 hari sekali, (tabel dikumpul minggu kedua atau ketiga bulan mei).

PERTEMUAN 5  
Membuat laporan di Podcast

Pada pertemuan ini Peserta Didik kelas X dan XI ditugaskan untuk :

1.   Membuat laporan tanaman dalam format podcast
Laporan berisi: kemajuan tanaman, menjelaskan tanaman yang gagal dan berhasil. Apa solusi yang mereka lakukan menghadapi gagal panen dan pendapat mereka mengenai kegiatan bertanam.
2.   Format file suara disimpan dengan nama file: Kode kelas-1920.No absen-Nama-Podcast Ketahanan Pangan dan Budidaya Tanaman
3.   Tugas dikumpul pada pertemuan ke-6.

PERTEMUAN 6
Membuat laporan dalam bentuk Video

Pada pertemuan ini Peserta Didik kelas X dan XI ditugaskan untuk :

1.   Membuat laporan hasil tanaman mereka melalui rekaman video. Menceritakan kemajuan tanaman, berapa bibit tanaman yang berhasil ditanam dan berapa yang mengalami gagal tanam serta solusi yang telah mereka lakukan pada tanaman yang gagal pada pertemuan sebelumnya.
2.   Format file video disimpan dengan nama file: Kode kelas-1920.No absen-Nama-Video Ketahanan Pangan dan Budidaya Tanaman
3.   Tugas dikumpul pada pertemuan ke-7.


PERTEMUAN 7
Panen

Pada pertemuan ini Peserta Didik kelas X dan XI ditugaskan untuk :

1.   Memanen hasil tanaman
2.   Mengolahnya menjadi produk kuliner yang dapat dinikmati bersama keluarga.
3.   Membuat video pada saat memanen dan mengolah produk budidaya tanaman yang telah mereka  lakukan serta mendokumentasikan proses pengolahan makanannya.
4.  Membuat herbarium 1 jenis tanaman

Catatan :

Untuk tanaman dengan masa panen kurang dari 2 minggu, maka prosedur pada pertemuan 7 dilakukan pada masa panen tenaman tersebut dilakukan.

1 comment: